Selasa, 20 Oktober 2020

 PRODUKSI SIARAN TV

Sesi 7-8 

Pada dasarnya manusia membutuhkan informasi. Kebutuhan ini ditangkap pengelola televisi. Ada banyak program berita yang muncul sejak mata kita terbuka di pagi hari hingga menjelang dinihari. Setiap orang pun mendapatkan alternatif sumber informasi selain koran dan radio. Dengan kelebihan gambar gerak dan suara, berita televisi memberi 'nilai lebih' bagi sebagian orang. Walau jumlah durasi seingkat, informasi dengan gambar dan suara yang berbeda setiap hari menjadikan berita televisi tetap dicari.

Kreatifitas adalah salah satu elemen penting untuk memastikan pemirsanya menonton setiap detik berita yang disajikan. Namun penonton yang puas dengan sebuah informasi (ditambah cara pengemasan yang unik) tidak berarti ia masih akan puas karena melihat cara yang sama di keesokan harinya.

Adalah sebuah tantangan untuk membuat sebuah laporan yang dikemas dalam sebuah kreatifitas tinggi untuk memastikan setiap penonton televisi memberi apresiasi terhadap sebuah tayangan (baca: berita televisi).

Menyajikan berita

Sebelum sampai di layar kaca di rumah, perjalanan sebuah program berita relatif rumit, panjang dan melibatkan banyak orang. Melihat kemungkinan terjadinya penyimpangan informasi yang sangat tinggi, karena prosesnya yang panjang, pemantauan di setiap tahapan menjadi sangat penting. Cek dan ricek adalah hal wajib bagi penanggung jawab program. Proses penyajian berita ini bisa berbeda dari stasiun televisi satu dengan lainnya. Namun secara ringkas berikut proses perjalanan berita itu:

Proses Perjalanan Berita

1. Ide peliputan

Ide peliputan muncul dalam sebuah rapat redaksi. Rapat yang terdiri dari produser program, koordinator liputan, koordinator kamerawan, presenter dan produser eksekutif membicarakan sebuah ide liputan dan menimbangnya dari segala sisi. Pembicaraan termasuk informasi yang harus diperoleh, gambar yang harus direkam dan narasumber yang harus diwawancarai

2. Peliputan.

Ide yang telah disepakati oleh rapat redaksi dikerjakan oleh reporter dan kamerawan melalui koordinator liputan. Perkembangan di lapangan akan terus dipantau, untuk memastikan ketersediaan materi saat siaran.

3. Pembuatan run down

Beberapa jam menjelang siaran, redaksi sekali lagi berkumpul dalam sebuah rapat bernama 'budgeting'. Korlip menyampaikan perolehan berita kepada produser program, yang kemudian menyusunnya dalam sebuah run down acara. Rapat sekali lagi mengevaluasi urgensi berita yang akan ditayangkan. Selain melihat kesesuaian dengan perintah rapat redaksi di awal juga menyinkrnkannya dengan situasi terkini.

4. Pembuatan naskah

Setelah run down disetujui, reporter yang beritanya akan ditayangkan segera menyiapkan naskah. Dalam proses ini, reporter harus mempertimbangkan ketersediaan gambar yang akan mendukung laporannya. Selain itu reporter perlu memastikan cuplikan wawancaranya agar sesuai dengan laporannya.

Setelah laporan selesai, produser akan memeriksanya, baik dari segi isi maupun bahasa. Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah dasar penulisan naskah. Penggunaan tata bahasa atau istilah yang keliru dapat menyebabkan perbedaan arti.

5. Penyuntingan gambar

Naskah yang telah melewati proses editing kemudian berlanjut ke ruang penyuntingan gambar. Editor adalah penangung jawab proses pemaduan naskah dan gambar. Dalam tahap ini, segala aspek teknis gambar yang akan hadir ke depan penonton diperhitungkan. Kondisi yang tidak sesuai standar seperti gambar biru(bluish), tidak focus, sedapat mungkin tidak dipergunakan dalam laporan tersebut.

Dalam tahap ini editor seharusnya bekerja sama dengan reporter dan kamerawan peliput untuk memadukan gambar terbaik. Produser program adalah penyelia tahap ini untuk memastikan segala aspek telah sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Uncen Gelar Seminar Internasional Bertajuk “Challenges and Developments in Library and Information Sci...