MATERI TAMBAHAN BLOG TUTOR (Rostini Anwar., M.I.Kom)
HUMAS SESI 7
TEKNIK KOMUNIKASI HUMAS
Para profesional dan praktisi PR dalam menjalankan fungsinya menggunakan berbagai (mereka menyebutnya publik relations tool dan kadang-kadang ada yang menyebutnya public relations techniques). Beberapa di antaranya bersifat tradisional seperti brosur, newsletter, dan memo perusahaan. Ada beberapa sarana spesifik, khususnya yang digunakan untuk mencapai publik eksternal.
Press Release atau News Release
Pres release atau news release atau siaran pers adalah naskah kisah berita yang disiapkan oleh praktisi PR atau agensi anda dan kemudian dikirimkan ke media.
Feature Release
Feature release hampir sama dengan press release. Bedanya hanyalah pada aspek atau gaya atau cara penyajiannya yang mengutamakan kisah atau narasi penuturan yang dimaksudkan untuk menyentuh atau menarik (human touch atau human interest)
Video News Release
video news release adalah news release yang dikemas dalam format video. informasi-informasi penting tak jarang kurang menarik dan efektif kalau langsung disodorkan adalam bentuk rekaman audio visual.
Artikel
Di sini artikel yang dimaksud adalah artikel sebagai saran PR. Majalah atau koran biasanya mencari artikel yang bagus dengan isi yang baru dan eksklusif. Artikel opini yang ditulis berdasarkan informasi dari dalam (insider informations) akan menarik, apabila ia mampu menyajikan perspektif yang baru untuk memecahkan suatu masalah. Anda bisa membuat artikel yang elegan untuk menunjukan posisi klien atau lembaga anda mengenai suatu isu yang terkait dengan komunitas atau kebijakan publik. Bukankah ini berarti juga sebuah strategi pencitraan?
Press Kit atau Media Kit
Jika release berita anda perlu didukung dengan informasi tambahan seperti bantuan visual, materi sebagai latar belakang (biasa disebut background material), atau jika anda ingin memberi informasi yang lebihpenting bagi suatu kisah khusus, inilah saatnya anda perlu menyiapkan press kit atau media kit. Press kit biasanya memuat hal-hal yang terkait secara erat dengan berita anda. Press kit bisa berupa sampel produk anda, videotape, audiocassette, cd atau vcd, buku atu poster, contoh iklan, lembar fakta atau segala hal yang dianggap bakal menarik bagi redaktur, dan terutama yang bisa menjadi nilai tambah untuk bahan berita. Karena itu press kit sangat penting disiapkan dalam konfrensi pers.
Disadari atau tidak, banyak kisah berita dikembangkan dari informasi yang disuplai oleh agen PR. Dalam bukunya PR : how the Public Relations Industry Writes The News, Jeff dan Marie Blyskal memperkirakan bahwa 40 – 50 persen dari semua kisah berita berasal dari firma PR
Surat menyurat langsung
Surat menyurat langsung dibutuhkan untuk membangun hubungan yang baik dengan lembaga atau publik, yang terkait dengan klien atau lembaga anda. Surat bisa dilakukan lewat e-mail atau surat dalam arti konvensional, yang terpenting bagaimana corporate relations dan community relations tetap selalu terpelihara. (subandy Ibrahim,2007: 69-71)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar