PERIKLANAN DAN PUBLIKASI
SESI 7-9
PEMBUATAN IKLAN YANG BAIK UNTUK KONSUMEN
Untuk menarik konsumen, sebuah perusahaan harus berusaha membuat iklan yang baik dan efektif. Kriteria tersebut akan mengena konsumen sehingga tertarik membeli produk yang Anda tawarkan. Guna mampu menyampaikan ikan yang baik dan efektif, Advestising agency membantu Anda mendesainkan iklan dengan kriterian iklan baik dan efektif. Apa saja criteria iklan yang harus diperhatikan?
Tujuan Iklan Harus Jelas
Jasa advertising agency semarang membantu Anda dalam mendesainkan iklan dengan tujuan yang jelas. Iklan dimanfaatkan untuk mengenalkan produk yang Anda tawarkan serta menyukainya. Memberikan pengetahuan tentang kesadaran untuk membeli produk Anda hal yang harus diperhatikan. Bagaiman Anda harus mengemas iklan dengan informasi lengkap, alasan mengapa konsumen harus mengguunakan produk Anda akan membuat mereka lebih sadar agar membeli produk Anda.
Media Pemasaran yang Tepat
Produk yang ditawarkan dengan media pemasaran yang tepat akan mudah dikenal oleh masyarakat. Media penayangan iklan melalui televisi, radio, atau media cetak seperti brosur, iklan di surat kabar dan memanfaatkan pemasaran didunia maya akan meningkatkan penjualan Anda. Oleh karena itu biro iklan di semarang akan membantu Anda mendesainkan iklan yang menarik dan tepat sararan.
Kemasan Iklan Unik, Kreatif, dan Tepat Sasaran
Alasan tepat yang diberikan Anda kepada konsumen akan mempengaruhi konsumen sehingga mereka menggunakan produk Anda. Hal ini merupakan hal penting dalam sebuah iklan karena informasi bermanfaat ini akan meningkatkan pengetahuan sasaran konsumen Anda. Selain itu, sasaran iklan harus di pilih menuruk kelompok sasaran produk Anda. Contohnya, sebuah iklan perumahan dengan desain rumah modern minimalis cocok di miliki oleh pasangan suami isteri yang baru saja menikah. Untuk meningkatka penjualan, Anda harus mengemas iklan semenarik mungkin. Desain iklan berwarna warni dengan isi iklan yang padat, jelas, dan menarik mampu membuat konsumen Anda tergiur membeli produk Anda. Jika Anda ingin meyakinkan konsumen, testimony dari konsumen yang telah menggunakan produk atau jasa Anda dapat dicantumkan sehingga kemasan iklan menjadi lebih informatik melingkupi alasan dan informasi produk lainnya.
Tips Membuat Iklan Digital Yang Efektif
Dalam membuat iklan yang efektif tentu bukanlah pekerjaan mudah. Iklan juga kerap dipandang sebelah mata sebab sering menyajikan konten yang dilebih-lebihkan. Ditambah perkembangan dunia digital yang semakin berkembang, membuat iklan digital begitu diminati.
Alhasil banyak pula yang menggunakan iklan digital untuk menawarkan produk dan menciptakan kompetitor baru. Oleh karena itu, Anda dituntut membuat iklan yang efektif sehingga masyarakat tertarik pada produk yang ditawarkan dan tidak pindah ke lain hati.
Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap mengenai beberapa cara membuat iklan digital yang efektif dan menjual.
1. Melakukan Riset Pasar
Elliot Simmonds, salah satu nominee Stockport’s Young Business Person of the Year 2014 sekaligus pimpinan konsultan sebuah perusahaan marketing menegaskan, bahwa Anda perlu melakukan riset pasar secara berkala meskipun iklan yang dibuat sudah mencapai jumlah konversi yang ditargetkan.
Anda tetap harus meluangkan waktu untuk mencari tahu sendiri, profil konsumen mana yang paling banyak? Siapakah orang yang kembali berkali-kali? Dari mana asal mereka?
Riset ini akan banyak membantu Anda dalam mewujudkan cara membuat iklan yang efektif serta menghasilkan penjualan. Dengan mengetahui detail profil konsumen, maka Anda tahu apa yang harus dilakukan pada pembuatan iklan selanjutnya. Cara ini juga dapat membantu Anda merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan target pasar yang demikian.
2. Menciptakan Elemen Kreatif
Setiap perusahaan bisnis tentu memiliki elemen kreatifnya masing-masing, yang sudah ada sejak awal pengenalan merek dagang atau branding. Baik berupa maskot, logo, warna, jenis huruf, bahkan theme song, elemen-elemen kreatif inilah yang memudahkan konsumen atau calon konsumen mengingat dan mengenali produk Anda.
Mempertahankan konsistensi visualisasi elemen kreatif yang Anda buat, berperan penting dalam menjamin kesuksesan sebuah iklan. Di Indonesia, beberapa perusahaan besar sukses mendapatkan penjualan secara besar-besaran melalui setiap iklan yang diciptakan.
3. Memilih Platform
Setelah melakukan riset pasar dan detail profil konsumen ada di tangan Anda, inilah saatnya memilih platform mana yang terbaik dan tepat sasaran sesuai dengan konsumen Anda. Beberapa platform bisa saja bekerja sangat baik untuk satu perusahaan, namun belum tentu untuk perusahaan Anda.
Bersikap
bijak dalam memilih platform tempat iklan diletakkan juga menjadi salah
satu cara membuat iklan terlihat oleh konsumen yang telah Anda
targetkan. Jika perusahaan Anda adalah sebuah startup yang memiliki
produk baru dan inovatif yang belum pernah ada di pasaran, maka
sebaiknya menghindari memasang iklan baris di mesin pencarian.
4. Memberikan Penawaran Menarik
Konsumen sangat menyukai tawaran yang Anda berikan. Jadi, cara membuat iklan yang menarik adalah dengan memberikan tawaran yang bagus sehingga mereka akan kembali membeli produk Anda berkali-kali dengan senang hati.
Anda bisa menawarkan potongan harga yang tidak terkalahkan, coba gratis, pengiriman gratis atau paket-paket pembelian yang akan menghasilkan penjualan dalam jumlah besar. Begitu perusahaan Anda datang dengan tawaran yang menarik, konsumen pun akan kesulitan untuk menolaknya.
5. Menjelaskan Manfaat Produk
Menjelaskan fitur produk atau layanan Anda memang penting, namun menjelaskan manfaat bagi konsumen adalah magnet terkuat yang dapat menarik minat pembelian mereka. Secara logika, tentunya konsumen lebih tertarik pada apa yang mereka dapatkan dari produk Anda daripada apa yang bisa dilakukan dengan produk tersebut.
Anda dapat membuat daftar produk apa saja yang Anda tawarkan lengkap dengan kelebihan masing-masing produk tersebut. Pastikan Anda terlebih dahulu membicarakan manfaat yang akan diperoleh konsumen, bukan kelebihan produk tersebut.
6. Menciptakan Urgensi
Melalui cara membuat iklan yang tepat sasaran tentu tidak sekadar ingin menanam benih, tetapi juga menghasilkan penjualan dari apa yang sudah ditawarkan secepat mungkin. Saat konsumen melihat iklan dan berpikir untuk melakukan pembelian nanti, mungkin mereka benar-benar bermaksud melakukannya.
Namun, boleh jadi mereka akan dengan mudah melupakan penawaran yang Anda berikan di dalam iklan tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mendorong konsumen untuk membeli sekarang bukan nanti. Anda dapat menciptakan urgensi ini dengan berbagai cara.
7. Menggunakan Testimoni
Salah satu bagian terpenting dalam membuat iklan yang efektif adalah membangun kepercayaan dan ketertarikan konsumen pada perusahaan Anda. Ingat bahwa konsumen memiliki banyak kekhawatiran akhir-akhir ini, terlebih saat mereka harus berbelanja online.
Penting untuk membangun kepercayaan mereka pada bisnis Anda. Tips membuat iklan yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan menunjukkan bahwa orang lain telah puas membeli atau menggunakan layanan Anda.
Ingatlah bahwa Anda tidak dapat membuat orang mencari ulasan online tentang bisnis Anda, namun Anda bisa memberi mereka ketenangan pikiran dengan menambahkan testimoni dari konsumen yang senang dengan apa yang Anda tawarkan. Melihat konsumen lain yang sama seperti mereka senang dengan produk Anda, dapat mendorong calon konsumen untuk mencobanya.
Jika pembuatan iklan digital sudah berjalan dengan baik, maka secara otomatis banyak keuntungan yang didpat, antara lain sebagai berikut.
1. Produk atau jasa yang dijalankan semakin dikenal oleh banyak orang.
2. Peluang bisnis meningkat apabila iklan tepat sasaran.
3. Angka penjualan bertambah karena pelanggan potensial terus berdatangan.
4. Daya saing usaha semakin meningkat di tengah persaingan bisnis yang kian pesat.
5. Profit usaha yang menjanjikan bisa didapatkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar