Kamis, 10 September 2020

 PERIKLANAN DAN PUBLIKASI PERTEMUAN 2-3 

Silahkan mempelajari materi ini dan pada pertemuan berikut akan ada TUGAS 1 yang akan dikumpulkan ke email ibu rosanwar073@gmail.com 

atau kumpul langsung di jurusan. Trims

Jenis Jenis Iklan

Berikut beberapa jenis iklan dan contohnya:

1. Berdasar isi

Opsi periklanan yang paling cocok untuk Anda akan tergantung pada kebutuhan Anda dan apa cara yang paling efektif untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen/target. Adapun jenis iklan berdasarkan isinya yakni:

Iklan pemberitahuan/pengumuman

Contoh jenis-jenis iklan pemberitahuan/pengumuman adalah:

  • Iklan seminar
  • Iklan berita duka cita
  • Iklan lelang
  • Iklan reuni akbar
  • Iklan lowongan pekerjaan

Iklan layanan masyarakat

Contoh jenis-jenis iklan layanan masyarakat adalah:

  • Iklan bahaya merokok
  • Iklan menghemat energi listrik
  • Iklan penyalahgunaan narkoba

Iklan penawaran/niaga

  • Iklan produk (Iklan pakaian, iklan handphone, iklan tas, iklan sepatu, dll.)
  • Iklan jasa (Iklan jasa kurir, iklan jasa penjahit, iklan jasa pijat, dll.)


2. Berdasar internet

Iklan yang berdasar/bersumber dari internet masuk dalam kategori jenis jenis iklan online. Berada di internet dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk menarik pelanggan baru. Anda dapat menjangkau khalayak global dengan biaya rendah. Banyak pelanggan meneliti bisnis online sebelum memutuskan dari siapa membeli. Situs web yang dirancang dengan baik dapat menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. Ada sejumlah cara untuk dapat mempromosikan bisnis Anda secara online melalui iklan berbayar atau untuk meningkatkan peringkat search engine Anda.

Cara lain untuk mengiklankan bisnis Anda secara online adalah mempromosikan produk atau layanan Anda di situs media sosial, blog dan search engine/mesin pencari dan situs web lain yang dikunjungi konsumen Anda.

 

Berikut jenis iklan berdasarkan tujuannya:

Iklan komersial

Hal ini juga disebut sebagai iklan bisnis. Seperti namanya iklan tersebut semata-mata dimaksudkan untuk mempengaruhi peningkatan penjualan. Contoh iklan komersial adalah:

  • Iklan industri — ini hanya digunakan untuk menjual produk industri.
  • Iklan perdagangan — iklan yang berkaitan dengan perdagangan.
  • Iklan profesional — dilakukan oleh orang-orang profesional seperti dokter, akuntan, dll.
  • Iklan pertanian – digunakan untuk menjual produk pertanian seperti pupuk, insektisida, alat pertanian, dll

Iklan non-komersial

Ini biasanya diterbitkan oleh lembaga amal dan lebih disukai untuk meminta bantuan umum dan keuangan (misal pengumpulan sumbangan atau penjualan tiket).

  • Iklan perusahaan

Ini mengidentifikasi kekuatan klien dan menyoroti mereka dengan cara yang benar. Dengan memilih media yang tepat, itu membuat identitas perusahaan klien menjadi bersinar. Segala sesuatu yang dilakukan oleh agen iklan untuk klien mulai dari strategi hingga konsep kreatif dan sampai ke perencanaan media, memenuhi kebutuhan mendasar klien untuk dikenali oleh audiens targetnya sesuai pilihan perusahaan.

Periklanan telah berkembang menjadi bentuk komunikasi yang sangat kompleks dengan ribuan cara berbeda bagi bisnis untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Pengiklan saat ini memiliki beragam pilihan dan jenis jenis iklan yang tersedia untuk mereka.

Email Marketing

 

 

  • PERAN IKLAN DALAM PEMASARAN

Iklan merupakan bagian dari bauran promosi (promotion mix) sedangkan bauran promosi adalah bagian dari bauran pemasaran (marketing mix) dimana marketing mix meliputi:

  • Product (Barang/ Jasa)
  • Price (Harga)
  • Place (Distribusi)
  • Promotion (Usaha peningkatan penjualan)

Dalam bauran promosi sendiri dikenal ada lima unsur komunikasi yang utama:

  • Advertising (Periklanan): Semua bentuk penyajian pesan-pesan penjualan yang bersifat nonpersonal, berupa penjualan tentang barang atau jasa yang dibayar oleh suatu perusahaan.
  • Sales promotion (Promosi Penjualan): Berbagai bentuk insentif jangka pendek yang diberikan produsen untuk mendorong keinginan konsumen agar tertarik dan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Publicity/ Public Relations (Publisitas atau Hubungan Masyarakat): Berbagai macam program yang dibuat untuk memelihara, menciptakan, dan mengembangkan citra dan image perusahaan atau merek sebuah produk.
  • Personal selling (Promosi pribadi): Interaksi langsung dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesanan dari pembeli.
  • Direct marketing (Pemasaran Langsung): Interaksi langsung dengan konsumen melalui penggunaan surat, telepon, fax, e-mail, dan alat komunikasi nonpersonal lainnya untuk melakukan komunikasi secara langsung agar mendapat tanggapan dari calon konsumen.
  • Peran Periklanan

Periklanan merupakan bagian untuk memenuhi fungsi pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka periklanan tentu saja tidak sekedar memberikan informasi kepada khalayak tapi juga ditujukan untuk mempengaruhi perasaan, pengetahuan, makna, kepercayaan, sikap dan citra konsumen yang berkaitan dengan suatu produk atau merek. Citra produk yang terbaik biasanya tercipta melalui kegiatan-kegiatan periklanan. Segmen pasar yang dipilih sangat menentukan corak periklanan yang akan diluncurkan atau media yang harus

2 komentar:

  1. Erik Maulana
    17 821 016

    Iklan merupakan suatu proses komunikasi masa yang mama melibatkan dari sponsor tertentu, yang akan membayar jasa sebuah media massa atas penyiaran iklannya.

    BalasHapus
  2. Febry Oktavira Widyaningrum
    17 821 007

    Promosi jualan mencakup berbagai bentuk insentif jangka pendek yang diberikan produsen untuk mendorong keinginan konsumen agar tertarik dan mencoba suatu jasa atau produk yang tlah ditawarkan
    Ada 3 jenis promosi yakni secara promosi secara fisik, promosi melalui media tradisional, dan promosi melalui media digital.

    BalasHapus

Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Uncen Gelar Seminar Internasional Bertajuk “Challenges and Developments in Library and Information Sci...