NIDN : 1409028801
MATA KULIAH : PERIKLANAN DAN PUBLIKASI
DESKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi. Pembahasan matakuliah ini meliputi pengenalan dasar-dasar periklanan, mulai sejarah, konsep, proses hingga perkembangan periklanan modern. Kemudian dilanjutkan dengan praktikum pembuatan konsep iklan sederhana dalam bentuk cetak.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah memahami materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan: (a) Mengenal periklanan; (b) Memahami peran periklanan dalam dunia komunikasi; (c) Mengaplikasikan.
METODE PERKULIAHAN
Untuk mencapai tujuan sebagaimana digambarkan di atas, metode perkuliahan merupakan perpaduan antara metode ceramah dan diskusi partisipatif, dengan praktik penggunaan komputer jurnalistik. Secara khusus metode perkuliahan merupakan kombinasi dari: (1) Ceramah; (2) Diskusi partisipatif; (3) Penugasan, (4) Praktik.
MINGGU KE | KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN |
MATERI POKOK |
SUMBER BELAJAR |
1 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | PENJELASAN SILABUS PENGANTAR PERIKLANAN
|
3, 7,8 |
2 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | IKLAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN
|
2, 6, 7,8 |
3 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | RAGAM PERIKLANAN
|
7,8 |
4 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | IKLAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL
|
7,8 |
5 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | ETIKA PERIKLANAN
|
2, 4, 5, 8 |
6 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | IDE DALAM PERIKLANAN
|
3, 6, 8 |
7 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | VISUAL BRANDING DALAM PERIKLANAN
|
3, 6, 8 |
8 | Evaluasi | UJIAN TENGAH SEMESTER | Pertemuan 1-7 |
9 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | PERENCANAAN IKLAN KREATIF (1)
|
2, 3, 6, 8 |
10 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | PERENCANAAN IKLAN KREATIF (2)
|
2, 3, 6, 8 |
11 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | MEDIA PERIKLANAN
|
2, 3, 6, 7, 8 |
12 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | PRINT MEDIA
|
2, 3, 6, 8 |
13 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | BROADCAST AND INTERACTIVE ONLINE MEDIA
|
2, 3, 4, 8 |
14 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | DESAIN DAN PRODUKSI IKLAN (1)
|
1, 3, 6, 8 |
15 | Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan | DESAIN DAN PRODUKSI IKLAN (2)
|
1, 3, 6, 8 |
16 | Review | Mendiskusikan Portofolio Iklan yang Telah Dibuat Mahasiswa | |
17 | Evaluasi | UJIAN AKHIR SEMESTER | Pertemuan 9-16 |
SUMBER BELAJAR:
- Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andi.
- Idi Subandi Ibrahim. 2007. Kecerdasan Komunikasi. Penerbit Simbiosa.
- Jewler and Drewniany. 2001. Creative Strategy in Advertising. 7TH Edition. Wadsworth.
- Jurnal Observasi. Vol. 5 No. 2, 2007. Menyoroti Iklan Televisi. Penerbit BP2i.
- Louis Alvin Day. 2003. Ethics in Media Communication. 4TH Edition. Wadsworth.
- M Arif Budiman. 2008. Jualan Ide Segar. Galang Press.
- Rendra Widyatama. 2007. Pengantar Periklanan. Pustaka Book Publisher.
- Sumber lainnya yang relevan dari majalah dan internet, dan lain-lain.
Mksih ibu
BalasHapus