Rabu, 28 Maret 2018

DESKRIBSI MATA KULIAH PERIKLANAN DAN PUBLIKASI

NAMA DOSEN                        : ROSTINI ANWAR M.I.Kom
NIDN                                         : 1409028801
MATA KULIAH                      : PERIKLANAN DAN PUBLIKASI 



DESKRIPSI MATA KULIAH

Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi. Pembahasan matakuliah ini meliputi pengenalan dasar-dasar periklanan, mulai sejarah, konsep, proses hingga perkembangan periklanan modern. Kemudian dilanjutkan dengan praktikum pembuatan konsep iklan sederhana dalam bentuk cetak.
TUJUAN PERKULIAHAN
Setelah memahami materi perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan: (a) Mengenal periklanan; (b) Memahami peran periklanan dalam dunia komunikasi; (c) Mengaplikasikan.
METODE PERKULIAHAN
Untuk mencapai tujuan sebagaimana digambarkan di atas, metode perkuliahan merupakan perpaduan antara metode ceramah dan diskusi partisipatif, dengan praktik penggunaan komputer jurnalistik. Secara khusus metode perkuliahan merupakan kombinasi dari: (1) Ceramah; (2) Diskusi partisipatif; (3) Penugasan, (4) Praktik.
MINGGU KE KEMAMPUAN AKHIR
YANG DIHARAPKAN
MATERI
POKOK
SUMBER BELAJAR
1 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PENJELASAN SILABUS
PENGANTAR PERIKLANAN
  • Pengertian Iklan
  • Sejarah periklanan
  • Fungsi dan tujuan periklanan
  • Advertising Agencies
3, 7,8
2 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan IKLAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN
  • Model Komunikasi Periklanan
  • Peran iklan dalam pemasaran
2, 6, 7,8
3 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan RAGAM PERIKLANAN
  • Pembagian Secara Umum
  • Pembagian Secara Khusus
  • Advertorial
7,8
4 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan IKLAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL
  • Pengaruh Ekonomi
  • Pengaruh Psikologis
  • Pengaruh Sosial Budaya
7,8
5 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan ETIKA PERIKLANAN
  • Etika dalam Periklanan
  • Menelaah Kasus Iklan Bermasalah
    • Iklan “Build In” dari Sudut Pandang Etika
2, 4, 5, 8
6 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan IDE DALAM PERIKLANAN
  • Dari Mana Datangnya Ide?
  • Melihat Kekuatan Local Idea
  • Manajemen Ide
3, 6, 8
7 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan VISUAL BRANDING
DALAM PERIKLANAN
  • Pengertian Visual Branding
  • Pentingnya Branding dalam Periklanan
  • Strategi Visual Branding
3, 6, 8
8 Evaluasi UJIAN TENGAH SEMESTER Pertemuan
1-7
9 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PERENCANAAN  IKLAN KREATIF (1)
  • Proses Perancangan Kreatif
  • Merancang Iklan Cerdas
2, 3, 6, 8
10 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PERENCANAAN  IKLAN KREATIF (2)
  • Copy Writing
  • Isi dan Struktur Pesan Keatif
2, 3, 6, 8
11 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan MEDIA PERIKLANAN
  • Below The Line dan Above The Line
  • Menentukan Khalayak Sasaran
  • Perencanaan dan Strategi Pemilihan Media Periklanan
2, 3, 6, 7, 8
12 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan PRINT MEDIA
  • Media  Massa Cetak
  • Strategi Pemilihan Media Cetak
  • Out Door Advertising
  • Strategi Konten dan Konteks Out Door Advertising
2, 3, 6, 8
13 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan BROADCAST AND INTERACTIVE ONLINE MEDIA
  • Media Televisi dan Radio
  • Strategi Pemilihan Televisi dan Radio
  • Media Online dan Mobile
  • Strategi Pemilihan Media Online dan Mobile
2, 3, 4, 8
14 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan DESAIN DAN PRODUKSI IKLAN (1)
  • Pentingnya Komunikasi Visual dalam Produksi Iklan
  • Prinsip-Prinsip Layout Iklan
  • Bentuk-Bentuk Penyampaian Pesan  Iklan
1, 3, 6, 8
15 Mampu menjelaskan/ menganalisis/ membedakan DESAIN DAN PRODUKSI IKLAN (2)
  • Proses Pembuatan Iklan Media Massa Cetak dan Out Door
  • Proses Pembuatan Iklan Media Broadcast dan Online
1, 3, 6, 8
16 Review Mendiskusikan Portofolio Iklan yang Telah Dibuat Mahasiswa
17 Evaluasi UJIAN AKHIR SEMESTER Pertemuan
9-16

SUMBER BELAJAR:

  1. Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andi.
  2. Idi Subandi Ibrahim. 2007. Kecerdasan Komunikasi. Penerbit Simbiosa.
  3. Jewler and Drewniany. 2001. Creative Strategy in Advertising. 7TH Edition. Wadsworth.
  4. Jurnal Observasi. Vol. 5 No. 2, 2007. Menyoroti Iklan Televisi. Penerbit BP2i.
  5. Louis Alvin Day. 2003. Ethics in Media Communication. 4TH Edition. Wadsworth.
  6. M Arif Budiman. 2008. Jualan Ide Segar. Galang Press.
  7. Rendra Widyatama. 2007. Pengantar Periklanan. Pustaka Book Publisher.
  8. Sumber lainnya yang relevan dari majalah dan internet, dan lain-lain.

1 komentar:

Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Uncen Gelar Seminar Internasional Bertajuk “Challenges and Developments in Library and Information Sci...