Selasa, 06 April 2021

 ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI

 

   KAJIAN PEMAKAI 

 Oleh : Rostini Anwar., M. I.Kom

Sesi 7 


Kajian Pemakai atau disebut juga Kajian Pemustaka adalah upaya untuk mengkaji perilaku pemustaka di perpustakaan khususnya apa yang dilakukan pemakai di perpustakaan seperti: meminjam dan mengembalikan buku, menyelesaikan tugas individu/ kelompok. kirim/ baca e-mail, Belajar, print/ copy/ scan, bertemu kawan, menitipkan barang, charge laptop/ mobile phone, mengikuti pertemuan/ presentasi, bereksperimen, makan-minum, promosi/ pameran, ngadem, etc...Tipe pemakai pada Buku Pendit (Kajian Pemakai) terdiri dari :

  1. Pemakai yang belum terlibat dalam kehidupan aktif pencarian informasi 
  2. Pemakai yang mempunyai pekerjaan tetap dengan bidang spesialis tertentu
  3. Pemakai umum


 

Sementara tipe pemakai menurut Fisher berdasarkan kebutuhannya dibedakan menjadi:

  1. Pemakai yang membutuhkan informasi
  2. Pemakai yang membutuhkan materi dan fasilitas pencarian informasi
  3. Pemakai yang membutuhkan panduan dan dukungan informasi

 Konsep Kajian Pemakai pada era teknologi informasi mengalami perkembangan paradigma seiring perubahan yang terjadi, yaitu paradigma fisik menjadi paradigma kognitif, bahwa

  1. Yang sebelumnya objektif menjadi subyektif
  2. Yang sebelumnya di luar manusia menjadi individual
  3. Yang sebelumnya dapat disentuh menjadi tidak dapat disentuh

Perpustakaan perlu melakukan kajian pemakai, karena:

  1. Pemustaka adalah barometer perpustakaan
  2. Pemustaka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perpustakaan
  3. Pemustaka merupakan tujuan utama dari perpustakaan

Konsep kajian pemakai digunakan pada saat :

  1. Meneliti karakteristik pemustaka
  2. Pada saat mempelajari individu sebagai pemustaka
  3. Pada saat akan menjelaskan masalah-masalah yang ditemukan secara tidak langsung

Manfaat Kajian Pemakai:

  1. Mengevaluasi efektivitas  penggunaan bahan perpustakaan & pelayanan perpustakaan
  2. Menyediakan informasi untuk membantu memecahkan masalah (memodifikasi program, menetapkan layanan baru)
  3. Mengidentifikasi kelompok pemustaka yang membutuhkan pelayanan lebih baik
  4. Menyediakan umpan balik bagi perpustakaan untuk mengatasi kekurangan
  5. Memperbaiki hubungan antara pemustaka dengan perpustakaan
  6. Mengidentifikasi perubahan kecenderungan pemustaka, minat dan sikap

Manfaat lainnya bagi pustakawan adalah membantu meningkatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pemustakaManfaat lainnya dari perpustakaan adalah umpan balik dan evaluasi layanan dengan memberikan layanan yang lebih baikKesimpulan yang dapat diambil, adalah kajian pemakai menggunakan kajian ilmiah      

 

REFERENSI

Pendit, Putu      Laxman. Kuliah-4 kajian pemakai.
 
 Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi. Edisi 2. Jakarta :Depdikbud RI Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi

 




2 komentar:

  1. Nama : Diana Julita Klemen
    Nim : 20180311064008

    BalasHapus
  2. Nama:Nesha Afifah Auninanda
    Nim : 20180311064004

    BalasHapus

Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Uncen Gelar Seminar Internasional Bertajuk “Challenges and Developments in Library and Information Sci...