RANGKUMAN MATERI KAJIAN PEMAKAI
Oleh : Rostini Anwar., M.I.Kom
Kajian pemakai dan evaluasi informasi merupakan salah satu kegiatan
utama dalam manajemen koleksi perpustakaan. Kajian pemakai dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana, mengapa, kapan, dan dimana
orang mencari informasi dan menggunakan sumber-sumber informasi.
Informasi yang kita gunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari, dan
untuk keperluan lain-lain haruslah kita evaluasi terlebi dahulu, arena
belum tentu informasi yang kita temukan itu sesuai dengan kebutuhan
kita. Mungkin saja informasinya menyesatkan dan tidak dapat dipercaya
atau berasal dari sumber yang tidak kredibel. kemungkinan lain datanya
sudah ketinggalan atau sudah tidak up to date sehingga
informasinya tidak memiliki nilai lagi. Sebagai contoh bila kita
menemukan buku, maka kita harus memeriksa siapa penulisnya, tahun berapa
ditulisnya/diterbitkan, dan sekilas tentang apa isinya.
Demikian pula bila kita menemukan sumber informasi di internet, kita
harus selalu mengevaluasinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Ada
beberapa alasan mengapa kita harus berhati-hati dengan sumber informasi
dari internet yang begitu luas dari semua cakupan bidang kehidupan yang
terbuka, dibuat oleh siapa saja, setiap orang, dan berbagai lapisan
masyarakat, lembaga dengan mudah. Untuk itu kelayakan informasi yang
didapat harus kita ketahui dengan jelas dan dapat
dipertanggung-jawabkan.
A. Definisi Kajian Pengguna dan evaluasi informasi
Definisi Kajian Pengguna
ANALISIS INFORMASI
Analisis informasi terjadi pada waktu menguraikan informasi yang
terdapat dalam dokumen yang berhubungan dengan subjek tertentu. Maka
dalam satu bank data mensuplai data pada pelayanan analisis informasi
menunjukkan dokumen dengan data yang memiliki kategori yang berbeda
beda. Untuk menelusur dokumen yang betul-betul berhubungan dengan subjek
yang lebih rinci.
Kajian pemakai
Dalam penggunaan informasi tercakup semua pembahasan tentang dokumen
primer, sekunder dan tersier, teknik temu balik informasi Serta media
dan fasilitas yang digunakan untuk mecapai tujuan bersama penggunaan
informasi seefisien mungkin. Kebutuhan informasi merupakan masalah
signifikan dalam sistem manusia untuk belajar.
Maka kebutuhan informasi adalah informasi yang digunakan seseorang untuk
pekerjaan, penelitian, kepuasan rohaniah, pendidikan dan lain-lain.
penggunaan informasi merupakan perilaku dan data dikumpulkan menyangkut
suatu kebutuhan seorang pemakai. Di perpustakaan kegunaan kajian pemakai
untuk mengatasi masalah yang dihadapi untuk memnuhi kebutuhan informasi
pengguna
Definisi evaluasi informasi
Berikut ini fungsi informasi dalam suatu organisasi informasi :
1. Manajemen operasional informasi
2. Penyiapan data/informasi untuk orang lain
3. Analisis data/informasi untuk orang lain
4. Menelusur untuk orang lain
5. Fungsi operasional informasi lainnya
6. Analisis sistem informasi
7. Penelitian dan pengembangan informasi
8. Pendidikan dan pengembangan informasi
9. Pendidikan/pelatihan pekerja informasi
Tujuan Kajian Pengguna dan evaluasi informasi
Tujuan Kajian Pengguna
Kajian pemakai dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana,
mengapa, kapan dan dimana orang mencari informasi. Kajian pemakai ini
dapat dilakukan secara informal, seperti observasi melalui koran dengan
memperhatikan berita tentang kegiatan dan kejadian setempat (untuk
perpustakaan umum), atau membaca terbitan-terbitan fakultas (di
perpustakaan umum), atau membaca terbitan-terbitan fakultas (di
perpustakan perguruan tinggi). Kajian ini juga dapat dilakukan secara
formal yaitu dengan mengadakan penelitian yang menghaslkan suatu profil
masyarakat. Selanjutnya, menurut yulia, dkk. (1993) kajian formal
diperlukan karena berikut ini.
1. Cara informal sering menghasilkan gambaran subjektif karena terbatas
pada apa yang diobsesikan oleh satu orang atau kelompok orang tertentu
sehingga belum menggambarkan secara keseluruhan.
2. Penelitian formal lebih sistematis dan dapat menghasilkan gambran
yang lebih menyeluruh dan masyarakat sehingga pustakawan dapat
menempatkan apa yang mereka telah ketahui dalm rangka yang lebh luas dan
memungkinkan untuk mengidentifikasi kelompok yang belum terlayani
dengan baik.
3. Untuk mepertanggung jawabkan layanan dan koleksi yang akan
dikembangkan dan alokasi dana perpustakaan, diperlukan data yang
objektif dan akurat.
Tujuan evaluasi informasi
Secara umum, kriteria dalam melakukan evaluasi dibagi ke dalam 3 bagian
utama. Informasi lengkap akan tertulis di masing-masing jenis evaluasi.
Pada sumber tercetak dan non tercetak memiliki beberapa kesamaan dalam
hal mengevaluasi satu karya. Tujuan dari evaluasi informasi tersebut
sebagai berikut.
1. Kepengarangan (Authorship), mengecek kredibilitas dari dari pengarang atau organisasi dari karya yang akan dibaca.
2. Kesesuaian (Relevance), kesesuaian
dibutuhkan untuk mengetahui tingkat relevansi dengan topik yang akan
ditulis. Meskipun informasi memiliki kualitas sangat baik tetapi tidak
relevan dengan rencana tulisan yang akan dibuat tetap tidak
dikategorikan relevan.
3. Kekinian (Currency), kekinian sangat
dibutuhkan untuk lebih mengetahui perkembangan satu ilmu. Ini penting
karena dengan melihat kekinian maka satu ilmu akan diketahui seberapa
jauh tingkat perkembangannnya.
Metode Kajian Pengguna dan evaluasi informasi
2.3.1. Metode kajian pengguna
Walaupun kajian pemakai ini bermanfaat bagi perpustaakan, namun untuk
melakukannya memerlukan waktu serta biaya. Karenanya, apabila kita ingin
melakukan kajian pemakai, hendaknya direncanakan secara matang supaya
hasilnya benar-benar bermanfaat bagi perpustakaan. beberapa yang harus
dipertimbangkan adalah sebagai berikut.
1. Pelaku kajian pemakai
Kajian pemakai dapat dilakukan oleh baik pustakawan maupun oleh pihak
ketiga atau kombinasi keduanya. Melakukan sendiri kajian pemakai ini
sering kurang akurat karena pustakawan umumnya kurang berpengalaman
dalam melakukan kajian sehingga hasilnya dapat bias. Apabila dilakukan
oleh pihak ketiga tentu memelukan biaya. Hal yang paling baik adalah
dikerjakan oleh pihak ketiga, namun ada keterlibatan dari pustakawan
sehingga ada proses pembelajaran bagi pustakawan. Pada saatnya kajian
pemkai ini dapat dilakukan sendiri oleh pustakawan.
2. Informasi yang diajarkan dalam menyusun kajian pemakai
Walaupun tujuan masing-masing jenis perpustakaan berbeda namun beberapa
data untuk kajian pemakai relatif sama yaitu historis, geografis,
transport, administratif, politik, demografi, ekonomi, komunikasi dan
media massa, organisasi sosial dan pendidikan, lembaga kebudayaan dan
fasilitas rekreasi, perpustakaan dan unit informasi lain dalam wilayah
administrasi yang sama.
3. Metode yang digunakan untuk mengumpulakan data dalam rangka melakukan kajian pemakai
a. Memelajari laporan, sumber-sumber data statistik, direktori, peta,
data yang telah dikumpulkan oleh organisasi dan lembaga lain, arsip
surat kabar dan survei lain.
b. Melakukan wawancara secara informal dengan tokoh masyarakat dan orang
lain dan mengetahui banyak hal tentang masyarakat tersebut.
c. melakukan wawancara formal dengan anggota masyarakat atau penyebaran kuesioner kepada pemakai atau non pemakai.
d. Observasi terencana.
4. Kegunaan kajian pemakai dilakukan
Data yang telah terkumpul dianalisis sehingga perpustakaan dapat
memutuskan mana fakta-fakta yang penting yang digunakan dalam mengatasi
perpustakaan yang dihadapi. Misalnya, bacaan apa yang diminati oleh
pemakai, kelompok masyarakat mana yang belum terlayani.
Metode evaluasi informasi
Evaluasi Sumber Informasi Tercetak
· Pengarang (Author)
o Anda dapat mengetahui latar belakang penulis, seperti pendidikan, posisi saat ini dll.?
o Apakah penulis berkualitas (qualified) memiliki otoritas untuk menulis untuk menulis pada satu topik tertentu?
· Tanggal penerbitan (Date of publication)
o Kapan buku atau artikel tersebut diterbitkan?
o Apakah tanggal tercantum sesuai dengan topik yang akan ditulis?
· Penerbit (Publisher)
o Apakah anda mengenal dengan baik penerbitnya?
o Apakah penerbit sudah terbiasa dalam menerbitkan karya-karya ilmiah, seperti Oxford University Press; UI Press dll.?
· Judul jurnal (Title of Journal)
o Apakah jenis Jurnal dikategorikan ilmiah, popular atau perdangangan?
o Apakah jurnal masuk kategori jurnal ilmiah?
· Pembaca yang dituju (Intended audience)
o Apakah karya tersebut ditujukan untuk kelompok pembaca tertentu?
o Apakah karya tersebut dikategorikan karya umum yang bisa dibaca oleh masyarakat umum?
· Objektifitas (Objectivity / Bias)
o Apakah karya tersebut objektif berdasarkan kajian ilmiah atau penelitian?
o Apakah data yang ditampilkan merupakan data factual, bukan propaganda atau pendapat umum?
· Isi (Content)
o Apakah isi diperoleh dari sumber pertama (primary sources) atau sekunder (secondary sources)?
o Apakah karya tersebut masuk dalam sumber pertama di bidangnya?
· Tinjauan (Reviews)
o Apakah terdapat tinjauan terhadap karya-karya tersebut, contoh artikel jurnal dan buku dll. ?
o Apakah karya tersebut sudah ditinjau dari sudut pandang yang berbeda, seperti sudut pandang ahli di bidang lain.?
Evaluasi Sumber Informasi Non Tercetak
· Pengarang atau organisasi (Author or Organization)
o Adakah karya lainnya dari penulis tersebut?, Jika ya, apakah penulis sudah jelas identitasnya?
o Apakah penulis mempunyai kapabilatas untuk menulis di topic tersebut?
o Apakah penulis berafiliasi dengan universitas dan organisasi tertentu?
o Adakah karya-karya penuls di sitasi oleh penulis lainnya?
o Apakah sumber-sumber tersebut mewakili kelompok, organisasi, kelembagaan, korporasi atau badan lembaga lainnya?
o Adakah sarana berkomunikasi lebih lanjut (kontak) dengan penulis dan atau organisasi tersebut?
· Ketepatan (Accuracy)
o Apakah sumber informasi tersebut sudah di edit atau di kaji sebelum dipublikasikan?
o Apakah informasi yang faktual sudah diverifikasi dengan sumber-sumber yang terpecaya?
o Apakah sudah jelas siapa yang bertanggungjawab terhadap ketepatan informasi tersebut?
o Apakah data dalam bentuk grafik, diagram sudah jelas sumber informasinya?
· Kekinian (Currency)
o Adakah tanggal kapan karya tersebut dibuat atau diterbitkan?
o Sudah jelaskan kapan sumber tersebut terakhir diperbaharui, direvisi atau di edit?
o Adakah indikasi jika materi tersebut sering diperbarui atau secara konsisten selalu menampilkan informasi terkini?
o Adakah links ke wesites yang terbaru?
· Objektif (Objectivity)
o Apakah halaman situs bebas iklan atau promosi?
o Apakah halaman yang ditampilkan bias atau mengandung banyak perspektif?
o Adakah kejelasan tentang sudut pandang lain dari subjek tersebut di masa yang akan dating?
o Apakah mengandung bahasa yang provokatif?
· Cakupan (Coverage)
o Apakah sumber informasi tersebut selalu terbaru dari karya lainnya dan mendukung karya lain yang anda baca sebelumnya?
o Apakah sumber informasi mencakup topik yang komprehensif atau hanya meninjau dari satu aspek saja?
o Apakah sumber online tersebut sudah baik atau masih dalam penataan (under construction)?
o Jika sumber online memiliki sumber tercetak, apakah bentuk tercetak
sesuai dengan informasi di website, atau hanya ada di situs saja tanpa
bentuk tercetak?
SARAN BAGI PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA
- Bagi pemustaka,sebaiknya terlebih dahulu mengkaji dan mengevaluasi informasi yang didapatkan sebelum digunakan untuk kebutuhan penelitian, bahan literatur
- Bagi Perpustakaan, sebaiknya perpustakaan mengelola informasi sebaik mungkin sehingga tidak terjadi, informasi yang kurang tepat bagi pemustaka
DAFTAR PUSTAKA
Chan, L.M.1999. A Guide to the Library of Congress Classification Fifth Edition. Englewood-Colorado: Libraries Unlimited,INC.
Chan, L. M. 2005.Library of Congress ubject Headings. United State of Amerika: Greenwood Publishing Group,Inc
Diftman, H. & Jane Hardy. 2007. Learn Library of Congress Classification. North American : Totalrecall Publications, Inc.
Library of Congress. History of the library, (Online), (https:// www. loc.gov/about/history-of—the-library/), diakses pada 30 September 2015.
Sulistyo-Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fadlolei, Odo.2007. Perpustakaan di Amerika Serikat:Library of Congress. Bandung:STBA YAPARI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar