SAP
1. Institusi : Universitas Saisn dan Teknologi Jayapura
2. Tahun Akademik : 2018/2019
3. Nama dan Kode Mata Kuliah : Manajemen Media Massa
4. SKS : 3
5. Pengampu : Rostini Anwar, M.I.Kom
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah Manajemen Media Massa diberikan kepada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi FESSOSPOL USTJ sebagai mata kuliah wajib. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan materi yang
meliputi konsep dasar Manajemen Media Massa, prinsip-prinsip manajemen media, perencanaan media, mengelola bisnis
komunikasi, serta masalah etika dan hukum media massa.
Tujuan Pembelajaran:
a. Tujuan Pembelajaran Umum:
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip manajemen dalam pengelolaan media massa.
b. Tujuan Pembelajaran Khusus:
- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi manajemen media massa
- Mahasiswa mampu menguraikan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam kegiatan manajemen media massa
- Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan manajemen media massa dengan perencanaan media
- Mahasiswa mapu menjelaskan gaya kepemimpinan dan prinsip manajer media professional
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan jenis media massa (televisi, radio, surat
kabar, majalah)
- Mahasiswa mampu menguraikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan di media massa
- Mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan hokum dan etika yang dihadapi oleh media massa
Mahasiswa mampu menguraikan prinsip-prinsip pendirian lembaga media massa
Outcome
- Mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas
- Mahasiswa dapat mengembangkan leadership skill dengan baik
- Mahasiswa dapat bekerja dalam tim dengan baik
- Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi dengan baik
- Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaan
- Mahasiswa mampu menulis dan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar
Jadual Kegiatan
Pertemuan
ke
|
Topik
|
Substansi
|
Metode
|
Media
|
1
|
Perkenalan dan
kontrak belajar
|
Kesepakatan pembelajaran mata
kuliah Manajemen Media Massa
selama 1 semester, meliputi team teaching, silabi, komponen
|
Ceramah, Tanya jawab
|
White board, spidol
|
|
|
penilaian, jadual
|
|
|
2
|
Konsep dasar
Manajemen
Media Massa
|
- Urgensi Manajemen Media Massa
- Konsep dasar Manajemen Media
Massa
|
Ceramah, tanya jawab, kuis
|
LCD, powerpoint
|
3
|
Prinsip-prinsip
media massa
|
- Prinsip-prinsip manajemen dalam
pengelolaan media massa
|
Ceramah, Tanya jawab
|
LCD, powerpoint
|
4
|
Perencanaan
media
|
- Urgensi perencanaan media
sebagai langkah awal pengelolaan
media massa
|
Ceramah, Tanya jawab
|
LCD, powerpoint
|
5
|
Manajer media
profesional
|
- gaya kepemimpinan
- Prinsip-prinsip manajer profesional
|
Ceramah, Tanya jawab
|
LCD, powerpoint
|
6, 7
|
Manajemen
media penyiaran
(TV dan radio)
|
- karakteristik dan kekhasan
manajemen media penyiaran dan cetak
|
Ceramah Tanya jawab
|
LCD, powerpoint
|
Manajemen
media cetak
(surat kabar dan
majalah)
|
Ceramah, Tanya jawab,
penugasan (I) kelompok
|
LCD, powerpoint
|
||
UJIAN TENGAH SEMESTER
|
||||
8, 9
|
Prinsip
pengelolaan
|
- Menyeimbangkan idealisme
dengan realitas
|
Ceramah, Tanya jawab
|
LCD, powerpoint
|
|
media massa
|
- Sumber-sumber pendapatan
media massa
- Jenis
pengeluaran/belanja media
|
|
|
10, 11
|
Hukum dan etika
media massa
|
- Mengenali masalah-masalah
hokum dan etika media massa
- Prinsip-prinsip penyelesaian
masalah hokum dan etika media massa
|
Ceramah, Tanya jawab
|
LCD, powerpoint
|
12, 13
|
Pendirian
perusahaan
media massa
|
- Prinsip dan tahapan pendirian
media massa
|
Ceramah, Tanya jawab,
penugasan (II) kelompok
|
LCD, powerpoint
|
UJIAN AKHIR SEMESTER
|
Monitoring dan Evaluasi
- Evaluasi Proses:
Beri tanda silang pada kolom skala jawaban yang sesuai dengan pendapat Anda untuk masing-masing obyek penilaian di bawah ini. Skala penilaian: 1=Sangat Tidak Memuaskan, 2=Tidak Memuaskan, 3=Memuaskan, 4=Sangat Memuaskan
|
||||||
|
No
|
Obyek Penilaian
|
Skala Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Cakupan materi
|
|
|
|
|
|
2
|
Kedalaman materi
|
|
|
|
|
|
3
|
Strategi penyampaian
|
|
|
|
|
|
4
|
Penggunaan metode dan alat bantu
|
|
|
|
|
|
5
|
Interaksi dan diskusi mahasiswa dengan dosen
|
|
|
|
|
|
6
|
Rasio ceramah dan latihan
|
|
|
|
|
|
7
|
Kualitas diskusi
kelompok
|
|
|
|
|
|
8
|
Kehadiran dosen di kelas
|
|
|
|
|
|
9
|
Pemberian referensi materi kuliah
|
|
|
|
|
|
10
|
Manfaat penugasan
|
|
|
|
|
|
11
|
Berikan saran Anda untuk perbaikan kualitas perkuliahan selanjutnya:
………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………………….
|
|||||
- Evaluasi
Hasil Belajar:
1. Jelaskan hal-hal apa yang harus diperhatikan dalam perencanaan media? Berikan pula contohnya masing-
masing!
2. Jelaskan persamaan dan perbedaan manajemen media penyiaran dengan manajemen media cetak!
|
- Marking Scheme:
1. Menyebutkan 5 hal yang penting dalam perencanaan media ----- skor @ 2 = 10, ditambah definisi masing-masing dengan
benar ---- skor @ 1 = 5, memberikan contoh masing-masing ---- skor @ 1 = 5.
Total: 20
2. Menyebutkan masing-masing 5 persamaan dan perbedaan dengan benar ---- skor 10. Memberikan contoh kasus masing- masing ---- skor 10.
Total: 20.
Komponen Penilaian:
1. UAS = 30%
2. UTS = 30%
3. Kuis
= 10%
4. Tugas = 20%
5. Keaktifan dalam diskusi/seminar kelas = 10%
- Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok dengan jumlah anggota maksimal 10 orang.
- Penugasan I (sebelum UTS):
ü Setiap kelompok ditugaskan melakukan survey manajemen media massa di Banyumas TV, radio -radio siaran di
Purwokerto, surat kabar dan majalah yang memiliki kantor di Purwokerto dan membuat laporannya.
ü Laporan diketik dengan 1,5 spasi, Times
New
Roman, font 12, tidak dijilid
ü Tugas
dikumpulkan saat sisipan
- Penugasan II (sebelum UAS):
ü Setiap kelompok harus membuat proposal perencanaan pendirian sebuah media massa
ü Proposal harus memuat analisis situasi, perumusan masalah, media yang dipilih, segmen aud iens yang dituju, rencana program yang ditawarkan, struktur
organisasi, anggaran.
ü Tugas
dikumpulkan pada minggu ke-10 dan dipilih 1 kelompok terbaik untuk mendapat reward.
- Kriteria dan Peringkat Nilai
ü
|
80
|
≤ …
|
= A
|
ü
|
66
|
- 79
|
= B
|
ü
|
56
|
- 65
|
= C
|
ü
|
50
|
- 55
|
= D
|
ü
|
…
|
- 49
|
= E
|
Referensi
Barban, Arnold M. Cristol, Steven M. Kopec, Frank J.1993. Essentials of Media Planning, A Marketing Viewpoint, 3rd ed.
NTC/Contemporary Publishing Group,
Inc. Illinois.
Djuroto,
Totok. 2000. Manajemen Penerbitan Pers. Rosda.
Bandung.
Morrisan. 2008. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Pareno, Sam Abede. 2003. Manajemen Berita Antara Idealisme dan Realita. Papyrus. Surabaya.
Willis, Jim. Dan Willis, Diane B. 1993. New Directions in Media Management. Allyn and Bacon. Singapore.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar