Sabtu, 09 Juni 2018

SAP Manajemen Media Massa



SAP



1.   Institusi : Universitas Saisn dan Teknologi Jayapura
2.   Tahun Akademik : 2018/2019
3.   Nama dan Kode Mata Kuliah : Manajemen Media Massa
4.   SKS : 3
5.   Pengampu :  Rostini Anwar, M.I.Kom



 Deskripsi Mata Kuliah:


Mata kuliah Manajemen Media Massa diberikan kepada mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi FESSOSPOL USTJ sebagai mata kuliah wajib. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendapatkan materi yang meliputi konsep dasar Manajemen Media Massa, prinsip-prinsip manajemen media, perencanaan media, mengelola bisnis komunikasi, serta masalah etika dan hukum media massa.

Tujuan Pembelajaran:


a. Tujuan Pembelajaran Umum:


Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip manajemen dalam pengelolaan media massa.


b. Tujuan Pembelajaran Khusus:


- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi manajemen media massa


- Mahasiswa mampu menguraikan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam kegiatan manajemen media massa

- Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan manajemen media massa dengan perencanaan media


- Mahasiswa mapu menjelaskan gaya kepemimpinan dan prinsip manajer media professional


- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan jenis media massa (televisi, radio, surat kabar, majalah)

- Mahasiswa mampu menguraikan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan di media massa


- Mahasiswa mampu menjelaskan permasalahan hokum dan etika yang dihadapi oleh media massa


Mahasiswa mampu menguraikan prinsip-prinsip pendirian lembaga media massa
            Outcome


- Mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas


- Mahasiswa dapat mengembangkan leadership skill dengan baik


- Mahasiswa dapat bekerja dalam tim dengan baik


- Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi antar pribadi dengan baik


- Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaan


- Mahasiswa mampu menulis dan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar


Jadual Kegiatan


Pertemuan

ke
Topik
Substansi
Metode
Media
1
Perkenalan dan

kontrak belajar
Kesepakatan pembelajaran mata

kuliah Manajemen Media Massa selama 1 semester, meliputi team teaching, silabi, komponen
Ceramah, Tanya jawab
White board, spidol





penilaian, jadual




2
Konsep dasar

Manajemen

Media Massa
- Urgensi Manajemen Media Massa

- Konsep dasar Manajemen Media

Massa
Ceramah, tanya jawab, kuis
LCD, powerpoint
3
Prinsip-prinsip

media massa
-  Prinsip-prinsip manajemen dalam

pengelolaan media massa
Ceramah, Tanya jawab
LCD, powerpoint
4
Perencanaan

media
- Urgensi perencanaan media

sebagai langkah awal pengelolaan media massa
Ceramah, Tanya jawab
LCD, powerpoint
5
Manajer media

profesional
- gaya kepemimpinan

- Prinsip-prinsip manajer profesional
Ceramah, Tanya jawab
LCD, powerpoint
6, 7
Manajemen

media penyiaran

(TV dan radio)
- karakteristik dan kekhasan

manajemen media penyiaran dan cetak
Ceramah Tanya jawab
LCD, powerpoint
Manajemen

media cetak (surat kabar dan majalah)
Ceramah, Tanya jawab,

penugasan (I) kelompok
LCD, powerpoint
UJIAN TENGAH SEMESTER
8, 9
Prinsip

pengelolaan
- Menyeimbangkan idealisme

dengan realitas
Ceramah, Tanya jawab
LCD, powerpoint





media massa
- Sumber-sumber pendapatan

media massa

- Jenis pengeluaran/belanja media


10, 11
Hukum dan etika

media massa
- Mengenali masalah-masalah

hokum dan etika media massa

- Prinsip-prinsip penyelesaian masalah hokum dan etika media massa
Ceramah, Tanya jawab
LCD, powerpoint
12, 13
Pendirian

perusahaan media massa
- Prinsip dan tahapan pendirian

media massa
Ceramah, Tanya jawab,

penugasan (II) kelompok
LCD, powerpoint
UJIAN AKHIR SEMESTER


Monitoring dan Evaluasi


- Evaluasi Proses:


Beri tanda silang pada kolom skala jawaban yang sesuai dengan pendapat Anda untuk masing-masing obyek penilaian di bawah ini. Skala penilaian: 1=Sangat Tidak Memuaskan, 2=Tidak Memuaskan, 3=Memuaskan, 4=Sangat Memuaskan







No

Obyek Penilaian
Skala Penilaian
1
2
3
4
1
Cakupan materi




2
Kedalaman materi




3
Strategi penyampaian




4
Penggunaan metode dan alat bantu




5
Interaksi dan diskusi mahasiswa dengan dosen




6
Rasio ceramah dan latihan




7
Kualitas diskusi kelompok




8
Kehadiran dosen di kelas




9
Pemberian referensi materi kuliah




10
Manfaat penugasan




11
Berikan saran Anda untuk perbaikan kualitas perkuliahan selanjutnya:

…………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………….



- Evaluasi Hasil Belajar:


1.   Jelaskan hal-hal apa yang harus diperhatikan dalam perencanaan media? Berikan pula contohnya masing- masing!
2.   Jelaskan persamaan dan perbedaan manajemen media penyiaran dengan manajemen media cetak!


- Marking Scheme:


1. Menyebutkan 5 hal yang penting dalam perencanaan media ----- skor @ 2 = 10, ditambah definisi masing-masing dengan benar ---- skor @ 1 = 5, memberikan contoh masing-masing ---- skor @ 1 = 5. Total: 20

2. Menyebutkan masing-masing 5 persamaan dan perbedaan dengan benar ---- skor 10. Memberikan contoh kasus masing- masing ---- skor 10. Total: 20.

Komponen Penilaian:


1. UAS = 30%

2. UTS = 30%

3. Kuis = 10%

4. Tugas = 20%

5. Keaktifan dalam diskusi/seminar kelas = 10%


- Mahasiswa diminta untuk membentuk kelompok dengan jumlah anggota maksimal 10 orang.


- Penugasan I (sebelum UTS):


ü  Setiap kelompok ditugaskan melakukan survey manajemen media massa di Banyumas TV, radio -radio siaran di

Purwokerto, surat kabar dan majalah yang memiliki kantor di Purwokerto dan membuat laporannya.

ü  Laporan diketik dengan 1,5 spasi, Times New Roman, font 12, tidak dijilid

ü  Tugas dikumpulkan saat sisipan



- Penugasan II (sebelum UAS):


ü  Setiap kelompok harus membuat proposal perencanaan pendirian sebuah media massa

ü  Proposal harus memuat analisis situasi, perumusan masalah, media yang dipilih, segmen aud iens yang dituju, rencana program yang ditawarkan, struktur organisasi, anggaran.
ü  Tugas dikumpulkan pada minggu ke-10 dan dipilih 1 kelompok terbaik untuk mendapat reward.


- Kriteria dan Peringkat Nilai

ü
80
= A
ü
66
-  79
= B
ü
56
-  65
= C
ü
50
-  55
= D
ü
-  49
= E




Referensi

Barban, Arnold M. Cristol, Steven M. Kopec, Frank J.1993. Essentials of Media Planning, A Marketing Viewpoint, 3rd ed. NTC/Contemporary Publishing Group, Inc. Illinois.

Djuroto, Totok. 2000. Manajemen Penerbitan Pers. Rosda. Bandung.

Morrisan. 2008. Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Kencana Prenada Media Group. Jakarta. Pareno, Sam Abede. 2003. Manajemen Berita Antara Idealisme dan Realita. Papyrus. Surabaya.
Willis, Jim. Dan Willis, Diane B. 1993. New Directions in Media Management. Allyn and Bacon. Singapore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Uncen Gelar Seminar Internasional Bertajuk “Challenges and Developments in Library and Information Sci...